Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 28 Januari 2012

Henry Wood


Image by Wikipedia

Sir Henry Joseph Wood, CH (3 Maret 1869 - 19 Agustus 1944) adalah seorang dirigen Inggris terkenal karena hubungannya dengan rangkaian tahunan London konser promenade, yang dikenal sebagai prom. Ia melakukan itu selama hampir setengah abad, memperkenalkan ratusan karya baru untuk penonton Inggris. Setelah kematiannya, konser secara resmi dinamai untuk menghormatinya sebagai "Konser Promenade Kayu Henry", meskipun mereka terus umumnya disebut sebagai "prom".
Lahir dalam keadaan sederhana untuk orang tua yang mendorong bakat musiknya, Kayu memulai karirnya sebagai suatu organ. Selama studi di Royal Academy of Music, ia datang di bawah pengaruh guru suara Manuel Garcia dan menjadi pemain piano nya. Setelah bekerja sama untuk perusahaan opera Richard D'Oyly Carte pada karya Arthur Sullivan dan orang lain, Kayu menjadi konduktor dari sebuah perusahaan tur kecil opera. Dia segera terlibat oleh Perusahaan Rosa lebih besar Carl Opera. Salah satu peristiwa penting dalam karir opera nya sedang melakukan pemutaran perdana Inggris Tchaikovsky Eugene Onegin pada tahun 1892.

Dari pertengahan tahun 1890-an-sampai kematiannya, Kayu terfokus pada konser melakukan. Dia terlibat oleh impresariat Robert Newman untuk melakukan serangkaian konser promenade di Hall Ratu, menawarkan campuran musik klasik dan populer dengan harga murah. Seri ini berhasil, dan Wood melakukan serangkaian pejalan kaki tahunan sampai kematiannya pada 1944. Pada tahun 1920, Wood mengarahkan repertoar sepenuhnya untuk musik klasik. Ketika Hall Ratu dihancurkan oleh bom tahun 1941, prom pindah ke Royal Albert Hall.

Kayu menolak conductorships kepala New York Philharmonic dan Orkestra Simfoni Boston, percaya itu tugasnya untuk melayani musik di Inggris. Selain prom, ia melakukan konser dan festival di seluruh negeri dan juga melatih orkestra mahasiswa di Royal Academy of Music. Dia memiliki pengaruh yang sangat besar pada kehidupan musik Inggris selama kariernya yang panjang: ia dan Newman sangat meningkat akses ke musik klasik, dan Wood meningkatkan standar bermain orkestra dan memelihara rasa publik, menyajikan repertoar besar musik mencakup empat berabad-abad.

0 komentar: